This is Me

Foto saya
seorang remaja yang akan beranjak dewasa, sedang memilih ritme kehidupan, spontaneous, cheerful, fashionable, tricky and curious. bismillah...

Minggu, 20 Februari 2011

apalah arti sebuah rencana

Kamar  - 17 Mei 2005 – 21.37 WIB – H-25 UAN
Buku fisika masih bertebaran di meja. Soal-soal baru dikerjain sebagian, tapi rasa kantuk ternyata lebih kuat mengalahkan semangat belajar. Hoaaamh, gue rebahan di kasur. Si bantal dan si guling kompak banget ngajakin gue cepetan tidur. Tiba2 gue inget sesuatu. Yap, kalender. Gue jalan ke meja belajar gue, dengan lampu meja yg masih nyala dan kertas fotocopy yg berserakan di meja. Gue liat bulan Juli. Banyak banget tanda merah di tiap tanggalnya, itu artinya ada acara penting yg ga boleh lupa.
1 Juli : berbeque-an di rumah Jati (perpisahan kelas 2ipa4)
4-5 Juli : rafting (Haris, Inge, pengajar bimbel)
10-13 Juli : backpacking ke Bandung (Haris, Inge, kakak Inge+temen2nya)
 Hmmm, ga sabar rasanya pengen cepetan ke Juli.  Gue matiin lampu meja gue, kertas tetep berantakan. Gue kalah, lo menang deh kantuk kampret. Akhirnya gue tidur meluk si guling.
Bimbel – 20 Mei 2005 – 14.56 WIB
Bentar lagi istirahat, keliatan dari si tentor yg uda mulai ngehapus gambar sel tumbuhan yg absurd bgt di whiteboard. Gue ngasih kode ke Inge ama Fatma buat sholat bareng. Gue menuju tangga, tempatnya di lantai 2. Gue yakin mushola ini dulunya dipake buat kamar. Setelah sholat, gue ngobrol bertiga. Ngomongin apa lagi kalo ga universitas ya pastinya UAN. Inge pengen lanjut ke Jakarta, Fatma ke Semarang dan gue ga tau. Gue masih bingung mau lanjut kemana. Banyak yg harus gue pertimbangin, salah satunya keluarga gue. Tiba2 mbak Citra dateng. Dia salah satu tentor Kimia di bimbel gue. Begitu dia ngebahas masalah rafting, gue langsung  semangat. Semua uda fix, kita tinggal tunggu hari aja, gitu katanya.
Kantin – 27 Mei 2005 – 11.28 WIB
Haris, gue dan Inge duduk melingkar ditemenin ama es teh dan tahu bakso. Kata Haris dia bisa ngusahaain masalah tempat nginep. Budhe dia punya kosan di Bandung dan kita bisa nempatin kamar kosong yg ada di sana. Alhamdulillah dong, kita ga perlu nyari losmen. Si Inge jg uda survei masalah transportasi, kita sepakat ke sana naik kereta soalnya itu transportasi yg paling aman dan terjangkau. Gue uda nyusun beberapa tempat di Bandung yg bakal kita kunjungin. Oke, berarti semua uda fix, tinggal jaga kesehatan ama latian fisik dikit2 biar ga kaget kalo jalan kaki jauh. Jujur aja ini pengalaman pertama gue pergi jauh sendirian (tanpa keluarga), awalnya sih nyokap ga ngijinin, tapi begitu tau kakaknya Inge ikutan jadi dibolehin deh. Jadi ga sabar nih….
Disc Tara – 2 Juni 2005 – 17.10
UAN tinggal ngitung hari. Insya Allah gue uda mantep. Yang gue bingung gue mau kuliah dimana woy? Yang lain uda pada cerewet nanyain. Gue sih lempeng-lempeng aja. Gua jawab aja, ga tau deh liat ntar gue dikasih yg mana. Kalo lo pada nanya impian gue sekolah dimana, gue pengen di tetep di Solo. Soalnya gue bukan tipe orang yg university oriented. Karena suntuk, gue cabut ke disc tara siapa tau ada cd baru yg bisa ngerefresh otak gue. Lagi liat2 cd tiba2 hp gue bunyi, si Jati telfon. Dia mastiin masalah konsumsi. Gue bilang ntar tunggu duit anak2 pada ngumpul dulu. Pokoknya lo trima beres. Lagian juga ada Inge yg ngebantuin gue. Telfon ditutup, gue lanjutin milih cd.
Ruang 8 – 9 Juni 2005 – 08.00 WIB
Akhirnya UAN datang juga. Berhubung bekal soal dari sekolah ama bimbel uda komplit, gue PD aja ngerjain UAN. Alhamdulillah semua lancar sampai hari terakhir.
Halaman SMA Al-Azhar – 25 Juni 2005 – 15.43 WIB   
Jreng jreng, hari ini pengumuman UAN. Anak-anak uda pada ngumpul di halaman. Emang uda tradisi kalo sisawa ga boleh masuk ke sekolah, jadi dibolehin cuma sebatas di halaman aja. Alhamdulillah gue lulus. Nilainya juga lumayan baguslah. Setelah itu gue corat-coret, rasanya ada yg kurang kalo kita ga corat-coret. Tapi gue ga ikut konvoi, males banget deh. Selain malu (jangan2 ntar di jalan ketemu temen bokep/nyokap kan bisa berabe), konvoi jg nyusahin orang soalnya bikin macet.
Grand Ballroom Kartika Hotels – 29 Juni 2005 – 19.00 WIB
Agenda hari ini pelepasan. Dresscodenya kebaya buat cewek, jas buat cowok. Gue pake kebaya merah dan nyokap pake pink. Senada deh. Acaranya seru banget, soalnya ada parade bend dari angkatan gue dan kolaborasi ama beberapa guru. Bahkan kepsek gue ikutan nyanyi, haha. Setelah puas foto2, ngambil buken dan suart2 lain, gue pulang.
Kamar Anggrek RS Yarsis – 30 Juli 2005 – 02.33 WIB
 Melem ini, gue nungguin abang gue yg kumat lagi. Tadi sih gue uda pamitan ama si guling dan si bantal. Say sorry, malem ini gue ga bs meluk kalian. Gue lagi kalut masih sempet aja ngaco. Abang lagi butuh tranfusi darah. Tadi dia kejang terus jatuh dari tangga, alhasil dia pendarahan. Bokap ama nyokap lagi muter2 ke PMI buat nyari golongan darah yg pas. Gue uda nawarin diri. Tapi bokap ama nyokap ga ngebolehin. Katanya gue terlalu berbahaya buat ngelakuin tranfusi. Jadilah gue di sini nunggguin abang gue yg lagi ngigo. Ini bukan hal yg baru buat gue, ga ky pas pertama gue tau kalo abang gue kena epilepsi primer. Nangis aja sampe ga keluar air mata. Tapi sekarang, gue uda ga separah dulu. Gue uda bisa agak tenang. Yah walaupun hati gue ga bisa bohong. Akhirnya gue ketiduran di samping abang gue.
ICU RS Yarsis – 5 Juli 2005 – 22.32 WIB
Keadaan abang gue memburuk. Gue juga ga tau kenapa bisa gitu. Padahal dia uda dapet darah yg cocok. Gue ga bisa tidur, apalagi gue ga tega ngeliat nyokap yg nangis. Bokap sih gue liat masih tegar. Tiba2 dokter keluar dan ngomomh ke kita. Dia bilang abang harus operasi, karena ternyata ada cairan di otaknya yg harus diambil. Setelah berunding akhirnya pihak keluarga setuju abang gue dioperasi.
Ruang Operasi RS Yarsis – 6 Juli 2005 – 08.00 WIB
Abang uda masuk ruang operasi. Gue dan keluarga lainnya kumpul dan mulutnya pada komat kamit. Gue yakin mereka kembali inget Tuhan mereka, mereka berdoa buat abang gue. Nyokap nangis, bokap nenangin nyokap. Gue salut ama bokap yg keliatan tegar dan kuat banget ngadepin semua ini. 4 jam kemudian, dokter keluar. Dia ngehampirin bokap gue dan ngajak ngomong 4 mata. Gue ga tau dokter ngomong apa. Yang gue lihat setelah dokter ngomong sesuatu, bokap keliatan kejang dan tergelepar. Gue pikir bokap pingsan. Tapi ternyata ga. Bokap gue meninggal, serangan jantung.
Kamar – 28 Juli 2005 – 23.11 WIB
Lama gue ga nulis. Terakhir gue baca, tentang bokap yg meninggal. Iya, bokap gue meninggal kena serangan jantung setelah denger kabar dari dokter kampret itu. Dokter itu ngasih tau kalo abang gue koma. Kampret banget kan tu dokter. Uda operasi ga berhasil, eh dia bikin bokap gue kena serangan jantung. Anyir! Gue baca semua tulisan gue. Satu yg gue dapet. Manusia Cuma bisa punya rencana. Tapi Tuhan yg menentukan. Gue, yg punya bny planning ama temen2 gue akhirnya ga ada satupun yg terlaksana. Mulai dari barbeque-an, rafting sampe backpacking. Semua gagal. Padahal semua persiapan uda mateng. Bokap nyokap gue, yg berharap dg operasi bisa nyembuhin abang gue akhirnya malah bikin abang gue koma. Yah, walaupun akhirnya abang gue sembuh total. Mukzizat dari Tuhan. Tapi, hal yg bener2 diluar dugaan pun bisa aja terjadi. Sekarang gini deh, yg masuk rumah sakit siapa? Abang gue kan? Tapi apa yg gue dapet? Gue malah kehilangan bokap gue. Hidup memang ga pernag kebaca. Absurd kaya gambar sel tumbuhan. Semua hanya Tuhan yg tahu. Tapi gue masih bersyukur kok sama Tuhan. Gue yakin masih banyak orang2 yg mendapatkan cobaan yg lebih dari gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar